Jumat, 15 Juni 2018

Tutorial Memasang Widget Google Translate Pada Blog

Halo semua! Apa kabar? Selamat hari raya Idul Fitri bagi yang merayakan :D . Hari ini, aku mau menampilkan cara memasang widget google translate pada blog kalian masing-masing. Sebenarnya penting gak, sih, widget google translate itu? Jawabannya bisa beda-beda,sih, gaez. Kalo menurutku, sih, penting! Apalagi, pengunjung blogku berasal dari berbagai negara (aku baru cek menu statistik). Ada yang dari Malaysia, Amerika Serikat, Rusia, Turki, dll. Paling banyak sih, pengunjungnya dari Indonesia :3 . Kalau dari luar negeri, paling banyak pengunjung dari Amerika Serikat. Nah, kan,pos di blogku pake bahasa Indonesia, kacau nanti kalau gak ada widget google translate! Pada gak bisa memanfaatkan tutorialnya deh :'( . Oh iya kok jadi cerita, sih?! #keasyikan.
Oke, tadi aku udah banyak cerita, sekarang kita saksikan (ealah, kayak nonton TV aja :v) cara membuat widget tersebut. Ada 2 cara, cara pertama Angel tau sejak masih baru-baru bikin blog (sebenarnya dikasih tau Agna sih), dan cara kedua aku tau dari blog orang lain. Oke capcus aja yuk!

Cara 1

  1. Buka blogger, masuk kalau belum
  2. Pilih menu Tata Letak
  3. Klik Tambahkan Gadget, aku pilih di bagian sidebar
  4. Pilih widget Terjemahan
  5. Pilih gaya yang tersedia. Ada vertikal, horizontal, dan hanya naik turun. Tak usah risau, live preview tersedia saat kita mengklik salah satu gaya tersebut.
  6. Pilih simpan :) .


Cara 2
credit is HERE
  • Pertama kunjungi website google translate.
  • Kemudian pilih penerjemahan situs web > tambahkan ke situs web anda sekarang

  • selanjutnya isi url situs web/bloggermu > pilih bahasa situs anda bahasa indonesia > pilih berikutnya
  • Lalu pilih semua bahasa vertikal > Lanjutan (pilih pertama, jika kalian sudah punya akun google analytics, kalian bisa memilih dan menambahkan id) > Dapatkan Kode
  • Copy kode yang didalam tabel (lihat gambar )
  • Kembali ke  Blogger > Pilih Tata letak > tambahkan widget ( pilih pada bagian sidebar / footer, aku biasanya pilih sidebar) > HTML/Javascript > Paste Kode Tadi > Simpan

  • Selesai dan lihat hasilnya seperti gambar dibawah, sekarang pengunjung blog kamu bisa menerjemahkan kedalam bahasa inggris

Nah, seperti itulah penampakannya :D. Bagaimana? bermanfaat atau tidak? Semoga tutorial ini bisa bermanfaat, ya! terutama untuk yang masih baru-baru membuat blog :) . Sekian dariku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Jangan gunakan kata-kata kotor atau porno!
2. Jangan mempromosikan barang di komentar!
3. Komentar harus berhubungan dengan pos!